• MAN LOMBOK BARAT
  • Madrasah Mandiri dan Berprestasi

Bentuk Karakter Siswa, MAN Lombok Barat Gelar Matsama Tahun 2023

 

Gerung (MAN Lombok Barat) - MAN Lombok Barat gelar kegiatan kegiatan MATSAMA (Masa Taaruf Siswa Madrasah) bagi siswa baru 2023, mulai Senin (17/6). Kegiatan ini diikuti 200 siswa baru yang tersebar menjadi 7 rombel. Sebelum kegiatan Matsama hari pertama ini dilaksanakan, kegiatan, hari Sabtu (15/6) kemarin diawali dengan kegiatan Pra-Matsama yang memberikan pembekalan tentang kegiatan inti Matsama.

Kepala MAN Lombok Barat, H.  Azis Faradi, S.Pd.M.Pd. mengatakan, kegiatan Pra MATSAMA dan kegiatan MATSAMA merupakan kegiatan wajib bagi siswa baru. Hal yang diharapkan melalui kegiatan Pra MATSAMA memberikan informasi sebelum mengikuti kegiatan inti MATSAMA. Sedangkan tujuan kegiatan MATSAMA diharapkan membentuk karakter siswa untuk mewujudkan pribadi yang berimtaq, berilmu, dan berkahlak mulia, serta mengenal madrasah dan lingkungan madrasah.

“Ini kegiatan pertama masuk madrasah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana madrasah, kurikulum madrasah, cara belajar di era Implementasi Kurikulum Merdeka, moderasi beragama, dan penanaman konsep pengenalan diri,” Kata H. Azis, Sabtu (15/6).

Beliau juga menyampaikan bahwa, pada penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini, antusias siswa mendaftarkan diri ke MAN Lombok Barat cukup tinggi. Progress ini dibuktikan dengan lebih banyaknya siswa yang mendaftarkan diri dibandingkan dengan tahun pelajaran sebelumnya, peningkatannya sekitar 30%.

Sementara Ketua Panitia Matsama MAN Lombok Barat, Muhsan, S.Pd. mengatakan, kegiatan Pra MATSAMA dilaksaanakan 1 hari dan Kegiatan MATSAMA digelar selama 5 hari mulai tanggal 17 – 22 Juli nanti.

“Kegiatan ini penting untuk mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan madrasah dan sekitarnya, “kata Muhsan.

Pra MATSAMA dan MATSAMA wajib diikuti siswa baru. Kegiatan ini dimulai pagi ini hingga siang pukul 13.00 di halaman madrasah.

Salah seorang siswa baru, mengungkapkan kebahagiaannya saat ditemui di sela-sela kegiatan MATSAMA “Alhamdulillah saya sangat bersyukur dapat menjadi siswa di MAN Lombok Barat. Saya ingin menimba ilmu untuk membahagiakan kedua orang tua saya dan menjadi insan yang bermanfaat bagi diri, keluarga, tetangga, masyarakat, nusa dan bangsa.”

 

Komentar

Masyaa Allah semoga tambah sukses Selamat belajar siswa siswi MAN Lombok Barat

Semoga MAN Lobar trus berinovasi dan menjadi salah satu sekolah yg diperhitungkan

Jangan lupa selalu support futsal

Alhamdulillah semoga kegiatan matsama di man lobar sesuai harapan

MAN LOBAR MANTAPP TERUS BERINOVASI

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
MAN Lobar Gelar Salju (Sarapan Lezat Jumat)  Aksi Gizi Sarapan Bersama

Gerung (Humas MAN Lobar)- MAN Lombok Barat kembali menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan lingkungan madrasah yang sehat dan peduli sesama. Jumat (13/09) seluruh Keluarga Besar MAN Lo

13/09/2024 09:22 - Oleh Sahimi (Humasy MAN Lombok Barat) - Dilihat 108 kali
Sosialisasi Kesehatan Mental Anak dan Remaja

Gerung (Humas MAN Lombok Barat)-Membangun kemitraan dalam sebuah manajemen merupakan upaya untuk bagaimana memberikan layanan yang bermutu kepada masyarakat untuk membangun public trust

06/09/2024 05:19 - Oleh Sahimi (Humasy MAN Lombok Barat) - Dilihat 224 kali
Sambut Kurikulum Merdeka, Guru MAN Lobar Adakan Workshop Kurikulum Merdeka

MANLoBar.NTB Lombok Barat. Kretif, Inovatif  dan semangat yang pantang menyerah  merupakan label yang melekat pada sosok pemimpin MAN Lobar, H. Abdul Azis Faradi, M.Pd. pelan

12/07/2023 16:15 - Oleh Admin MAN 1 Lobar - Dilihat 373 kali
Penguatan IKM melalui Kajian Modul Ajar dan P5RA di MAN Lobar.

MANLoBar.NTB Moment untuk penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) bagi semua guru-guru MAN Lobar agar menyusun modul ajar sesuai pedoman IKM agar capaian pembelajaran yang men

12/07/2023 15:02 - Oleh Admin MAN 1 Lobar - Dilihat 616 kali
Kepala MAN Lobar Membina Siswa Menuju MAN Lobar Mantap (Maju, Akhlak, Nyaman, Terampil, Aman dan Prestasi)

MANLobar – (man1lombokbarat.sch.id)   Untuk membina siswa menuju MAN Lobar Mantap (maju, akhlak, nyaman, terampil, aman dan prestasi), maka setiap pagi semua siswa dan guru

15/02/2023 05:35 - Oleh Abdul Azis Faradi - Dilihat 371 kali