• MAN LOMBOK BARAT
  • Madrasah Mandiri dan Berprestasi

Peringati 10 Muharram, MAN Lombok Barat Perkuat Kesholehan Personal dan Kesholehan Sosial

Gerung (MAN Lombok Barat)- Bulan Muharam merupakan periode waktu yang sedemikian dimuliakan oleh umat Islam. Oleh karena itu, hampir setiap muslim memperingatinya. Sebagai madrasah yang berciri khas Islam, MAN Lombok Barat pun memperingatinya, Jumat(28/07/2023). Bertempat di halaman MAN Lombok Barat, segenap guru, pegawai, dan siswa mengikuti peringatan 10 Muharam 1445 H. Kegiatan yang digelar pada pagi itu diisi beberapa acara antara lain Pembacaan Yasin, asmaul Husna, zikir, doa, sambutan Kepala Madrasah, tausiah 10 Muharram, dan santunan anak yatim.

Dalam sambutannya, Kepala MAN Lombok Barat, H. Abdul Azis Faradi, S.Pd. M.Pd.  menyampaikan beberapa hal, antara lain tentang keutamaan menuntut ilmu, displin menaati tata tertib madrasah, keutamaan shodaqoh, dan bagaimana menjaga nama diri, keluarga dan madrasah.

 "Apabila kalian mau sukses dunia akhirat, maka harus rajin-rajin menuntut ilmu, kerahkan kemampuan untuk mengeksplore potensi kalian, taat dan patuh terhadap tata tertib madrasah, tidak boleh saling bully karena kita semua beradadalam satu keluarga besar MAN Lombok Barat, sering-sering bersodaqoh, dan jagalah nama baik diri, keluarga, dan madrasah.", tandas H. Abdul Azis Faradi.

Kegiatan dilanjutkan dengan tausiah 10 Muharram. Untuk mengupas kajian ini, TGH. Taufiqurrahman yang didaulat untuk menjadi pentausiah. Dalam tausyiahnya, beliau menyampaikan bahwa hari ini adalah hari yang sangat mulia dan spesial, keberkahan hari jumat dan 10 Muharram.

Disamping itu juga tuan guru menyampaikan  bahwa ada beberapa peristiwa bersejarah yang terjadi pada tanggal 10 Muharam, antara lain Nabi Musa dan kaumnya diselamatkan dari Firaun dan tentaranya, Bahtera Nabi Nuh mendarat di Gunung Zud, Nabi Zakaria dikabulkan doanya dan dikaruniai seorang anak, dan doa nabi Ayyub dan Nabi Yunus juga dikabulkan oleh Allah pada tgl 10 Muharram . Tak lupa, belaiu pun mengajak warga MAN Lombokk Barat untuk memperbanyak puasa di bulan Muharam ini yang bisa menghapus dosa selama setahun. menebar cinta kasih antar sesama bil khusus kepada anak-anak yatim. 

“Semoga kita semua bisa mengambil hikmah dari peringatan 10 Muharam ini, yaitu menjadi orang yang lebih baik dan peduli pada sesama,” tegas TGH. Taufiqurrahman".

Kegiatan selanjutnya diisi dengan kuis 10 Muharram yang disampaikan langsung oleh Kepala Madrasah dan pentausiah. Kuis ini diberikan untuk menguji daya tangkap seluruh siswa tentang materi tausiah. Ada 6 orang siswa yang dapat menjawab kuis, yaitu Hamid, Liwa, Syauqi, gilang, Manda, dan Inayah.

Kegiatan memperingati 10 Miuharram ini diakhiri dengan pemberian santunan kepada anak-anak siswa siswi yatim di MAN Lombok Barat. Santunan diberikan langsung Kepala Madrasah dan TGH.Taufiqurrahman. (imi/ziad/anto/syamsul/erika)

 

Komentar

MAN Lobar semoga semakin terdepan

MAN Lobar Mantapp

MAN Lombok Barat semakin maju dan mantap

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Kepala Pejabat Pendidikan Kuala Muda/Yan Kedah Malaysia Lawatan ke MAN Lombok Barat

Gerung (Humas MAN Lobar)-Sebagai madrasah yang visioner, MAN Lombok Barat sering mendapat kunjungan dari berbagai sekolah atau pihak lain baik dari luar propinsi maupun luar negeri. Har

14/09/2024 10:28 - Oleh Sahimi (Humasy MAN Lombok Barat) - Dilihat 431 kali
Lagi-Lagi MAN Lombok Barat dijadikan Lokus PLP FKIP Unram

Gerung (Humas MAN Lobar)- MAN Lombok Barat hari ini kembali menerima mahasiswa PLP dari Universitas Mataram hari ini Jumat (23/09) bertempat di ruang laboratorium komputer MAN Lombok Ba

13/09/2024 09:32 - Oleh Sahimi (Humasy MAN Lombok Barat) - Dilihat 60 kali
MAN Lobar Gelar Salju (Sarapan Lezat Jumat)  Aksi Gizi Sarapan Bersama

Gerung (Humas MAN Lobar)- MAN Lombok Barat kembali menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan lingkungan madrasah yang sehat dan peduli sesama. Jumat (13/09) seluruh Keluarga Besar MAN Lo

13/09/2024 09:22 - Oleh Sahimi (Humasy MAN Lombok Barat) - Dilihat 107 kali
Kepala MAN Lombok Barat Menerima Mahasiswa PPL IAI Nurul Hakim

Gerung (Humas MAN Lobar)- Di awal tahun Pelajaran 2024-2025 ini, sudah ada 2 Perguruan Tinggi yang menjadikan MAN Lombok Barat sebagai tempat pelaksanaan PPL. Hal ini sebagai hasil dari

09/09/2024 08:59 - Oleh Sahimi (Humasy MAN Lombok Barat) - Dilihat 97 kali
MANtab, Polres Lombok Barat Sambangi MAN Lombok Barat

Gerung (Humas MAN Lombok Barat) . Siswa - siswi MAN Lombok Barat merasa senang dan bahagia karena madrasah tempat mereka belajar didatangi Polres Lobar Bagian Kansel Satlantas. Ked

09/09/2024 07:48 - Oleh Sahimi (Humasy MAN Lombok Barat) - Dilihat 135 kali