• MAN LOMBOK BARAT
  • Madrasah Mandiri dan Berprestasi

Ciptakan Olah Fikir Sehat, MAN Lombok Barat Adakan Program Jantung Sehat

MAN Lombok Barat (Humas), Sabtu pagi (27/04/2024), di halaman MAN Lombok Barat dilaksanakan senam jantung sehat yang dilakukan dan diprogramkan secara rutin sekali dalam satu bulan, yakni di akhir bulan yang dikenal dengan program Sabtu Sehat demi menjaga kebugaran tubuh para guru, TU, dan siswa. Olahraga atau aktivitas fisik merupakan hal yang sangat penting bagi para guru, TU, dan siswa demi menjaga keberlangsungan dan kelancaran proses belajar mengajar.

Program Sabtu Sehat kali ini mengusung tema “Jantung sehat fikiran sehat”. Kegiatan senam pagi ini diikuti seluruh warga MAN Lombok Barat, baik guru, TU, dan seluruh siswa kelas X dan XI. Kegiatan ini dihajatkan sesuai temanya yakni diharapkan dengan jantung dan fisik yang sehat bisa berkontribusi positif terhadap kegiatan akademik yang diikuti oleh seluruh warga madrasah.

Gerakan-gerakan senam pagi bermanfaat untuk melatih otot-otot pada tubuh, melancarkan peredaran darah sehingga lebih sehat dan juga meningkatkan imun tubuh. Paparan sinar matahari pagi juga bagus bagi tubuh karena kandungan vitamin D alaminya. Jika tubuh sehat dan bugar secara fisik, maka kemampuan konsentrasi juga akan meningkatkan dan memudahkan dalam menyelesaikan tugas pembelajaran. Senam pagi tidak saja diasumsikan sebagai kegiatan fisik semata, akan tetapi senam yang dilakukan secara rutin juga akan dapat mengubah kebiasaan menjadi lebih baik. Secara psikologis, kegiatan positif yang dilakukan secara rutin, akan menjadi kebiasaan yang positif pula.

Sebelum melaksanakan senam jantung sehat, kegiatan diawali dengan pengarahan oleh kepala MAN Lombok Barat, H. Abdul Azis Faradi, S.Pd.M.Pd. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa nikmat sehat ini harus disyukuri dan dijaga. Karena ketika tubuh sehat, rasa malas akan bisa dikurangi maka segala aktivitas yang kita lakukan akan bisa diselesaikan dengan baik. Olahraga atau aktivitas fisik terutama pada intensitas dan durasi sedang dapat mendukung respon imun dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

”kita harus sehat, jangan malas-malasan, orang yang tidak pernah olahraga atau yang aktivitas fisiknya tidak ada, cendrung dalam melaksanakan aktivitasnya jadi malas. Sedangkan orang yang sering olahraga bisa membuang rasa malas pada dirinya, sehingga semua aktivitas bisa dilaksanakan dengan baik tampa malas-malasan.”, tandas H. Abdul Azis Faradi.

Beliau juga menambahkan bahwa senam pagi juga memiliki banyak manfaat yang tentu sangat dirasakan oleh siswa, TU, maupun guru. Antusias dan semangat dari Bapak/ibu guru dan karyawan TU serta para siswa dan siswi sangat luar biasa dan tetap kompak dalam mengikuti gerakan senam.

Setelah senam jantung sehat, kegiatan dilanjutkan dengan jalan sehat dengan rute, start dari halaman madrasah, belok menuju rumah sakit Patut Patuh Patju,belok kanan jalur ke utara, SMA 1, SMA 2, dan kembali ke madrasah.

Salah seorang peserta senam  jantung sehat dan jalan sehat, Romzi, yang ditemui oleh humas, menyampaikan rasa senangnya dengan program sabtu sehat yang dilaksanakan di madrasah.

“Kami seluruh siswa senang dengan kegiatan ini karena memberikan kami nuansa yang berbeda dengan hari-hari sebelumnya yang bergelut dengan materi dan buku.”, ujar mantan ketua OSIM MAN Lombok Barat ini. (Humas MAN Lobar).

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Kepala Pejabat Pendidikan Kuala Muda/Yan Kedah Malaysia Lawatan ke MAN Lombok Barat

Gerung (Humas MAN Lobar)-Sebagai madrasah yang visioner, MAN Lombok Barat sering mendapat kunjungan dari berbagai sekolah atau pihak lain baik dari luar propinsi maupun luar negeri. Har

14/09/2024 10:28 - Oleh Sahimi (Humasy MAN Lombok Barat) - Dilihat 441 kali
Lagi-Lagi MAN Lombok Barat dijadikan Lokus PLP FKIP Unram

Gerung (Humas MAN Lobar)- MAN Lombok Barat hari ini kembali menerima mahasiswa PLP dari Universitas Mataram hari ini Jumat (23/09) bertempat di ruang laboratorium komputer MAN Lombok Ba

13/09/2024 09:32 - Oleh Sahimi (Humasy MAN Lombok Barat) - Dilihat 65 kali
MAN Lobar Gelar Salju (Sarapan Lezat Jumat)  Aksi Gizi Sarapan Bersama

Gerung (Humas MAN Lobar)- MAN Lombok Barat kembali menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan lingkungan madrasah yang sehat dan peduli sesama. Jumat (13/09) seluruh Keluarga Besar MAN Lo

13/09/2024 09:22 - Oleh Sahimi (Humasy MAN Lombok Barat) - Dilihat 115 kali
Kepala MAN Lombok Barat Menerima Mahasiswa PPL IAI Nurul Hakim

Gerung (Humas MAN Lobar)- Di awal tahun Pelajaran 2024-2025 ini, sudah ada 2 Perguruan Tinggi yang menjadikan MAN Lombok Barat sebagai tempat pelaksanaan PPL. Hal ini sebagai hasil dari

09/09/2024 08:59 - Oleh Sahimi (Humasy MAN Lombok Barat) - Dilihat 102 kali
MANtab, Polres Lombok Barat Sambangi MAN Lombok Barat

Gerung (Humas MAN Lombok Barat) . Siswa - siswi MAN Lombok Barat merasa senang dan bahagia karena madrasah tempat mereka belajar didatangi Polres Lobar Bagian Kansel Satlantas. Ked

09/09/2024 07:48 - Oleh Sahimi (Humasy MAN Lombok Barat) - Dilihat 142 kali